Tentang STAR BPKP

Pengelolaan keuangan Negara dan pengawasan yang efektif merupakan faktor penentu dalam menciptakan tata kepemerintahan yang baik (good public governance). Dalam rangka itu,peningkatan profesionalisme pegawai pengelola keuangan negara dan aparat pengawasan intern pemerintahan (PKN-APIP) merupakan hal yang perlu mendapatkan perhatian. Untuk itu, Pemerintah, dalam hal ini Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dengan dukungan Loan Number 2927-INO dari Asian Development Bank (ADB) melalui programState Accountability Revitalization (STAR), diantaranya berupaya meningkatkan kapasitas pegawai PKN-APIP melalui penyelenggaraan program beasiswa pendidikan formal S1/D-IV dan S2.

STAR merupakan kegiatan yang diinisiasi Pemerintah Republik Indonesia dalam mendukung penguatan akuntabilitas negara. STAR mengemban tugas yang berat, khususnya untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas fungsi pengelolaan keuangan dan pengawasan sektor publik, melalui penguatan lembaga/institusi pemerintah yang menjalankan pengelolaan keuangan dan pengawasan sektor publik.

Secara umum tujuan dari program beasiswa ini adalah memperkuat kinerja akuntabilitas pengelolaan keuangan negara melalui peningkatan kapasitas SDM PKN-APIP antara lain dalam bidang penganggaran, pelaporan keuangan, internal audit dan manajemen aset.

Penerima program beasiswa adalah :
  • Staf pengelola keuangan (mis. perencana anggaran, pengelola keuangan instansi, pengelola barang, penyusun laporan keuangan, bendahara, dan pembantu bendahara) dan internal auditor pemerintah daerah dan Kementerian/Lembaga (K/L)
  • Perguruan Tinggi Negeri yang menyelenggarakan program Kekhususan S1 dan S2 Akuntansi Pemerintahan/Pengawasan Keuangan Negara.


TUGAS BELAJAR

Sesuai dengan Surat Edaran Menteri PAN dan RB No. 4 Tahun 2013 Tentang Pemberian Tugas Belajar dan Izin Belajar Bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), maka penyelenggaraan program beasiswa STAR untuk pendidikan program ekstensi (D-IV/S1) dan S2 menggunakan pendekatan pola Tugas Belajar.





Dibaca : 35114 kali
© STAR PROJECT ADB - BPKP 2017